Mei 18, 2009

- Movie review : The Boy In The Striped Pyjamas


kemarin malem saya pinjem dvd film ini di ramayana. pertamanya tertarik garagara di sampul dvd yang di display nya ada tempelan award awardnya gitu. udah beberapa kali mau pinjem tapi mesti kosong terus tapi untungnya kemaren ada.
Berlatar belakang Jerman, pada masa Adolf Hitler, seorang anak jendral tentara jerman, bruno, terpaksa harus pindah ke pedesaan, karena ayahnya yang baru saja naik jabatan dipindahtugaskan ke daerah tersebut. pada awalnya bruno merasa sedih karena di rumah barunya, dia tidak boleh keluar rumah dan tidak memiliki teman. dia melihat sebuah pondok yang ia kira sebuah pondok pertanian dan melihat anak-anak kecil di sana. namun orangtuanya melarangnya untuk berinteraksi dengan mereka.
Namun suatu hari dia berhasil kabur dari rumah melalui jendela gudang. ketika sampai di pemukiman tersebut dia bertemu seorang anak kecil di dalam pemukiman tersebut, bernama shmuel.
pada awalnya bruno tidak mengerti akan segala hal tersebut sampai akhirnya ia tahu bahwa shmuel dan semua orang berpiyama yang tinggal di situ adalah Yahudi yang ditangkap oleh tentara Jerman.
suatu hari, shmuel di pekerjakan di rumah bruno. namun karena kesalahan bruno yang takut mengakui persahabatannya dengan shmuel, untuk beberapa waktu lama bruno tidak menemukan shmuel di samping pagar listrik sampai akhirnya shmuel muncul dengan mata kanan yang lebam.
namun, ibu bruno yang sangat membenci perilaku kejam ayahnya terhadap yahudi memutuskan untuk kembali ke kota, dan mengajak bruno serta kakaknya. namun, sebelum berpisah dengan shmuel, bruno berusaha menebus kesalahan nya dengan mencari ayah shmuel yhang menghilang. dengan piyama yang dipinjamkan oleh shmuel, bruno berhasil masuk ke area pemukiman yahudi dengan menggali lobang di bawah pagar.
sampai di dalam bruno merasa ragu dan ingin kembali karena keaadannya sungguh berbeda dengan video yang di putar ayahnya dimana pemukiman yahudi sangat menyenangkan dan penuh hiburan.
malang ketika masuk ke pondok shmuel, tentara jerman menggiring mereka dan yahudi lain dalam pondok tersebut ke sebuah ruangan dimana mereka harus melepas seluruh pakaian mereka.
keluarga bruno yang menyadari kepergian bruno terus menelusuri jejak bruno namun terlambat.
ketika ayahnya sampai di sana, bruno turut TERPANGGANG HIDUP HIDUP bersama para YAHUDI.

sumpah filmnya bagus banget, tapi menyebalkan karena endingnya menyedihkan.
but, YOU HAVE TO WATCH IT!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar