Maret 25, 2009

- Bangga menjadi siswa SMA N 1 Yogyakarta

Saya heran dengan orang-orang di sekitar saya ( anak-anak teladan ). Banyak sekali yang secara simbolis maupun terang-terangan menyatakan tidak bangga dengan sekolahnya sendiri. Ada yang bilang nyesel masuk sma 1 , sma 1 cupu lah dan kata-kata kritik lainnya. Saya akui saya bukanlah orang yang bisa SANGAT SUKA dengan sesuatu atau pun bisa SANGAT TIDAK SUKA dengan sesuatu. Simpelnya, saya tidak pernah memfavoritkan sesuatu jadinya saya tidak pernah menyesal sekolah di teladan. Memang sangat sedikit sekali orang berwatak seperti ini sampai yang sekarang sudah hampir 3 tahun di teladan pun masih ada yang menyatakan TIDAK BANGGA dengan SMA 1. What’s wrong? 

Yang paling menonjol adalah karena SMA 1 dipandang ISLAMI banget. Bahkan masyarakat jogja sendiri mengakui, SMA 1 lebih Islami dibandingkan SMA Berbasis Islam di jogja. Seberapa Islami nya sih SMA 1? Hal yang paling sering diperbincangkan mengenai Islami di SMA 1 adalah HIJAB. Buat anda yang tidak tahu Hijab, hijab berarti pembatasan antara cowok dan cewek. Hampir di setiap acara sekolah, selalu ada pemisah antara siswa cowok dan cewek. Menurut saya, hijab adalah suatu Kebutuhan, dan tidak perlu berlebihan, maupun dilebih-lebihkan. Di pensi misalnya, contohnya Tutup Tahun teladan 08 yang lalu, hijab dibuat memanjang ¾ panjang area penonton. Mungkin memang terlalu panjang bila dibandingkan dengan jumlah penontonnya tapi yang akan saya bahas bukan hal itu. Kita tahu sendiri wanita adalah makhluk yang lemah lembut. Saat pensi, hampir selalu ada gerombolan pria-pria yang bergerombol ber-moshing ria. Bergoyang saat ada band tampil. Bergoyang memang tidak salah. Tapi apa perlu bergoyang dengan anarki? Saling membentur-benturkan tubuh ke orang lain, bergerombol memnbentuk lingkaran dan berputar-putar? Pendapat orang mungkin beda-beda dan tidak ada salahnya berpendapat. Mungkin menurut beberapa orang, bergoyang seperti itu adalah sesuatu yang OKE, KEREN dan ASIK. Dan hal-hal seperti ini tidak bisa dihindari. Dan para wanita pastinya akan buru-buru menjauh dari kerumunan pria pria keren itu karena takut terjatuh, terpukul dan sebagainya. Akibatknya mereka tidak bisa enjoy menikmati pensi. Itulah gunanya hijab. Para wanita yang merasa BUTUH HIJAB, ingin menikmati pensi tanpa gangguan ulah-ulah pria keren bisa masuk area hijab dimana mereka dapat merasa aman. Mereka yang betah dengan ulah-ulah pria-pria keren tidak perlu menggunakan hijab. Toh sekali lagi menurut saya, HIJAB yang efektif adalah HIJAB YANG TIDAK MEMAKSA DAN sekali lagi kita sendirilah yang tahu butuh hijab atau tidak.

Berbicara soal Islami lagi di SMA 1, apakah kita tidak bangga mempunyai sekolah yang masjid nya Lumayan ramai saat waktu shalat? Shalat wajib, bahkan shalat dhuha. Tidak mau kah kita menjadi penghuni surga esok hari ? ( nek iki rodo berlebihan ). Toh inilah nilai plus dari sekolah kita, yang menjadi salah satu faktor bagi orang tua yang ingin menyekolahkan anaknya di teladan, yang ingin menginginkan buah hatinya menjadi manusia yang cerdas dan agamis.

Yang kedua, SMA 1, CUPU kah? Mm saya juga tidak begitu tahu definisi cupu itu apa tapi menurut saya banyak yang bilang TELADAN itu cupu karena peraturan yang terlalu ketat. Contoh, rambut cowok gondrong dikit akan ada yang siap mengeksekusi ( baca : Bapak Wakasek tercinta ) mm baju harus dimasukkan setiap saat. Mungkin saya tidak pantas membicarakan hal ini lhawong saya sendiri saja berambut gondrong dan kalok pake seragam sering TAK SENGAJA keluar. TAK SENGAJA J. Mari kita berpikiran positif dengan peraturan itu toh peraturannya SMA 1 meski terkadang berlebihan itu juga untuk kita sendiri, dalam rangka mempertahankan imej SMA 1 yang memiliki murid-murid yang sopan dan beradab di mata masyarakat. Contohnya sangat amat sedikit sekali siswa yang merokok. Itu di sekolah, gak tau kalok di luarnya. SMA 1 gak pernah tawuran. Apakah itu hal yang buruk?

Masih tidak bangga dengan SMA 1 ? Salah satu SMA favorit di jogja? Yang sering menghasilkan keluaran-keluaran yang cerdas?

Saya baru tahu istilah klithih belum lama ini. Jadi klithih adalah perbuatan menganiaya ataupun mengancam siswa sekolah lain. Jadi ceritanya, saya ada seminar dan melibatkan siswa sekolah lain. Kami dibagi dalam beberapa tim dan mendapat tugas. Nah untuk mengerjakan tugas itu, kami perlu keliling jogja. Dan perlu anda ketahui 2 orang teman saya buru-buru melepas seragam mereka dan berganti pakaian sebelum berkeliling. Kenapa? Karena mereka takut di-klithih anak sekolah lain. Bahkan salah satu dari mereka bercerita kalok dia beberapa kali sempat dikejar-kejar anak SMA xxx. Dan saya? Saya sering bepergian keluar sekolah masih dalam keaadaan berseragam, lewat sekolah lain dan Alhamdulillah belum pernah terjadi sesuatu. Karena itu tadi, siswa sma 1 ( insya Allah ) siswa yang cinta damai. HUT kemaren saya sebagai sie usaha jualan stiker teladan dan saya limpahkan ke anggota sie usaha. Dan kata salahsatu mereka, stiker kami dibeli beberapa anak sekolah lain. Mereka bilang stiker teladan adalah “stiker anti klithih”. Gak tau adek kelas saya itu bohong apa egak.

Bagaimana dengan Geng? Hampir di setiap sekolah selalu ada GENG yang menguasai sekolah, dan beranggotakan siswa sekolahnya tiu sendiri. Di teladan? Geng juga ada. Beberapa malah. Namun sampai sekarang belum pernah ( dan jangan sampai ) berbuat keributan atau pun mencoreng nama sekolah di mata publik. Kalau kita akan berkunjung ke sekolah lain, mungkin sampai di sana kita akan ditanyain sama panggedhe geng sekolah itu mengenai maksud dan tujuan. Teladan? Siswa sekolah lain yang mau ke sekolah kita tidak perlu takut akan mendapat masalah dengan siswa SMA 1 karena, SMA 1, Cinta Damai. Yeaaah.

Dan tidak ada yang sempurna, tak ada gading yang tak retak, dimana ada kelebihan di situ ada kekurangan, dimana ada gula disitu ada semut ( lhoh? -___- ) dan sekali lagi dalam hal ini saya bersikap subyektif menurut pandangan saya sendiri. Dan menurut saya, kekurangan nya SMA 1 itu adalah siswa nya yang terpecah belah dan tidak kompak.

Mengapa saya bilang begitu? Karena menurut saya kesadaran siswa untuk saling mendukung satu sama lain amat sangat kurang. Sebagai contoh, sebuah panitia mengadakan lomba gerak jalan antarkelas dan sebagainya, tapi yang ikut dan niat cuma beberapa. Ngadain Final Liga Teladan, gak ada yang nonton. Dan yang paling menonjol, setiap klub olahraga seperti basket futsal dan sebagainya mengikuti kompetisi, Teladan terkenal sebagai salah satu SMA miskin supporter. Tidak seperti SMA yyy yang kalok ada pertandingan pasti yang dukung ratusan dan seringkali mendapat penghargaan supporter terbaik. BAHKAN saya mengamati, di sekolah tersebut hampir di saat mensupport tim nya, ada satu guru BK yang turut datang dan mendukung. Bayangkan kalau Bu Esti atau pun Pak Wardani atau bahkan bu zan pak narlan dkk turut mendukung. WOW!!

Dan setelah saya pikirkan lagi, yang menjadi pangkal semua itu adalah RASA KURANG BANGGA KITA terhadap sekolah. Akibatnya, setiap ada siswa atau pun kelompok di SMA 1 yang menjadi juara suatu lomba, hanya orang / kelompok itu sendiri yang merasa bangga, pol-polan juga anak sekelasnya ( lihatlah tepuk tangan penerimaan piala saat upacara bendera ). Termasuk di dalamnya adalah perasaan pesimis, underestimate terhadap sekolah kita.

Sebagai contoh saat saya mengajak teman saya untuk mendukung tim xxx sma 1 yang mau tanding. Beberapa jawaban yang saya dapat adalah “Ahh! Paling kalah!” atau “Paling ntar yang nonton Cuma aku”. Bahkan kemaren pas DBL pas kita udah kalah, ada anak kelas 1 yang mengikuti sorakan Stece “stece bersatu tak bisa dikalahkan” tapi dnegan ganti lirik menjadi “ teladan bersatu tapi tetep kalahan”. Begitu juga saat ada acara lain yang diadakan di sma 1 seperti pensi dll. Rasa pesimis dan underestimate menyebabkan mereka memilih mengerjakan pekerjaan lain .

Hal ini juga bisa dilihat dengan melihat pernak-pernik berbau SMA 1 yang pol-polan cuma stiker. Jarang sekali ada kaos bertema TELADAN. Kalaupun ada hanya dimiliki segelintir orang. Oke mungkin rasa bangga seseorang tidak bisa diukur dengan stiker atau kaos dan sebagainya tapi kalau ditelaah ( heseh bahasaku ) lebih lanjut, hal-hal kecil ini memiliki makna tersendiri di dalamnya sebagai pemersatu.

Bayangkan kalau RASA BANGGA MENJADI SISWA SMA 1 tertanam kuat di dalam diri kita semua. Pasti persatuan dan kesatuan antar siswa semakin erat. Saling percaya satu sama lain, saling mendukung sama lain dan tidak meremehkan satu sama lain . setiap ada satu siswa menang, yang lain ikut senang. Setiap ada pertandingan, yang laen pada dateng pada ikut dukung. Tiap ada event anak-anak dalem dateng semua, terus ngajakin anak-anak luar.

Kesimpulan akhir saya, bagi anda yang menjadi siswa SMAN 1 Yogyakarta, BANGGALAH KALIAN MENJADI SISWA TELADAN. Tak perlu menyesal toh kita sudah menjadi bagian di dalamnya. KARENA DENGAN RASA BANGGA ITULAH KITA AKAN MAMPU MEMBAWA TELADAN MENJADI LEBIH BAIK. Kalau tidak suka dengan sesuatu di Teladan, jangan hanya diam saja dan bilang F*ck teladan. Kalau suka SMA xxx atau apa tak perlu pindah sekolah tor kan susah, ubahlah TELADAN menjadi seperti SMA xxx yang anda idamkan tapi tidak kesampaian sesuai kemampuan anda dan jangan pernah takut jika hasil akhirnya mengecewakan. Tidak ada salahnya mencoba lagian maksud anda baik.

Anda di rumah punya cermin to? Atau kalok gak kaca spion. Tatap wajah anda. Jangan menjerit! Itu wajah anda. Tersenyumlah, dan katakan “SAYA BANGGA MENJADI SISWA TELADAN” ( berlebihan memang -____- )

Sekali lagi tulisan ini sifatnya subyektif. Jadi, ini pendapat saya. Saya yakin pastinya anda punya pendapat lain. Ya to??

TELADAN!! JAYAMAHE !  

Maret 24, 2009

- Mid Test, DBL dan TYT

today were mathematic and english. got a "lumayan" but terrible in math. just can do 17 numbers of 28 multiple choices and 1,5 of 4 esays.
oke let's see from last sunday.

minggu kemaren adalah saat bagi Teladan Yelling Team, pom pom boys nya sma 1 buat dukung anak-anak basket teladan pas DBL. latian intensif H-1 doang dan hasilnya lumayanlah buat awal-awal. oke saat kami tampil, kami diketawain sama seluruh penonton. karena kita OKe. hehehe. yeaaah dan akhirnya basket kita menang lawan SMA N 1 Banguntapan. Itu artinya, kami harus tampil lagi, hari Selasa.

pulang dari DBL aku pulang ke kretek. sampai rumah jam setengah 3 dan awalnya mau belajar malah ketiduran sampe jam 5. jam 5 baca biologi cuma baca bagian mata thok, njok maghrib. habis maghrib malah diajak babe jajan beli sate kambing dan gak mau nolak akhirnya dolan sampe jam 8. sampe rumah baca bagian mata lagi sama sedikit bagian ginjal dan jam 9 saya memutuskan untuk tidur.

dan mid hari pertama adalah neraka. bahasa indonesia mengarang bebas sementara biologi pak nanung dari 30 soal cuma bisa 7 soal. bu niar dari 8 soal esai cuma bisa 4 soal dan untungnya bab mata sama ginjal nya keluar. yes.

malemnya belajar matematika sama maman di rumah tita. alhamdulillah banyak memnbantu walaupun masih banyak yang gak dong.

dan yeaaah hari pertama sampe kedua aku gak nyontek lhoooooo. kecuali kalok nyoba nyari istilah biologi di alfa link anda anggap menyontek. -___-
eh tapi nyontek satu ding, istilah basa inggris sama dissa adek kelas yang sebelahan sama aku.

hari ini sampe di rumah jam 2. sebelumnya ngurus TYT. pada gak dibolehin sama orang tua garagaranya besok kimia sama fisika. dan sampe rumah saya cuma belajar sedikit terus ke UNY jam set 5 buat DBL sampe jam set 9. dan sekarang saya berada di rumah geni dnegan rencana awal
belajar tapi yang ada malah numpang Online, numpang makan, numpang tidur.

and tomorrow will be mistery. i'm not sure getting good results both chemistry and physics. i am so tired and i can't study now. wallahu allam, God Bless me. amin

Maret 19, 2009

- Awut-awutan

sekarang tanggal 20 maret. dan artinya hari ini adalah deadline lomba blog akprind. oke saya tidak berharap lebih lhawong artikelnya aja sampe sekarang masih 3 dan gak sempet buat nambahin lagi ( tapi liat ntar deh ). hari ini rencananya mau postig artikel tentang ipa 4 yang neliti kelayakan ikan di pasar pantai pangandaran, ekskul robotik sma 1, alat hambat bau ( alhab ) bikinannya anak tsc yang dapet pnghargaan internasional an sampai sekarang belum sempat wawancara karena saya sibuk dengan kegiatan baru saya, menjadi anggota Teladan Yelling Team 2009. besok minggu akan menjadi penampilan perdana kami.

insya Allah setelah ini mungkin blog ini akan saya aktifkan terus tapi isinya lebih membahas kehidupan saya. kemaren rabu TEATER NILA PANGKAJA jadi juara 1 Lomba Drama Festival Tionghoa di UMY. awalnya agak buruk.fyi, pagi itu saya sempat diusir secara paksa sama pak singgih -___-.

dan hari ini pun adalah final gatel sepakbola dimana saya harus mendokumentasikan pertandingan.. dan senen mulai mid semester dan saya belum siap. dan saya tahu postingan saya kali ini agak awut2an ya saya minta maaf. barusan hp aku ilang muter2 nyari hp eh jebul disembunyiin sama temen -___- habis ketemu eberapa enit kemudian saya menyadari kalau dompet saya ilang. muter lagi nyari, ke lobi, ke ruag fisika gdung induk,ruang math lt 2, balik lagi ke studio ngubrek ubrek tas. gak ketemu. balik lagi ke ruang fisika lt 1 dan menemukan dompetny jatuh di bawah, terselip di antara kursi dan tembok.

hati saya memang sedang awut2an jadi wajar saja kalok postingannya juga awut-awutan. oiya saya mau ngucapin terimakasih sama ririe ( re : monsterbehel ) yang udah bikinin saya header ^makasih dek.

- Mengkonsumsi Ikan Memperkuat Gigi

Akhirnya nya bisa posting lagi. Deadline tinggal besok tapi postingan baru 3. -___- ( semangat zza!! )

Oke jadi beberapa menit yang lalu saya barusaja meliput tim penelitian 11 ipa 5 yang pada Kompetisi Karya Ilmiah Teladan yang lalu berhasil menjadi juara 2 setelah tim 11 Inter 2 ( baca postingan saya sebelumnya). dan inilah hasil wawancara saya dengan dinar, citra, nia dan fitri.


A : gimana nih perasaannya setelah berhasil menjadi juara 2??

B : alhamdulillah. perasaannya senang sekali soalnya usaha kami selama ini gak sia-sia.

A : sebenarnya inspirasi dari penelitian kalian darimana sih??

B : jadi kan dulu aku tuh pernah baca soal. nah di soalnya itu jelasin kalok orang yang tinggal di kutub tuh suka makan ikan toh, nah disitu tuh bilang kalok mereka tuh giginya kuat-kuat. nah kita nyoba aplikasiin ke anak-anak pantai pangandaran yang deket pantai jadiinya dekat dengan ikan hehehehe.

A : metode nya

B : jadi pertamanya kita nyari anak-anak usia 6-13 taun, beberapa kita kasih angket, wawancarai langsung tentang sering makan ikan apa egak, kalau iya makan ikan apa terus seberapa sering. habis itu kita periksa satu-satu jumlah karies gigi mereka.

A : hasilnya??

B : hasilnya ternyata anak yang lebih sering makan ikan tuh jumlah karies giginya lebih sedikit daripada anak yang jarang makan ikan.

A : dapet kendala apa aja nih selama penelitian?

B : kendalanya apa ya. oh iya jadi kita tu awalnya nyari anak usia 9-12 tahun tapi ternyata susah banget jadinya kita nemunya usia 6-13 tahun.

A : harapannya?

B : harapannya penelitian kami berguna bagi masyarakat Pangandaran supaya anak-anak di sana tuh sering makan ikan biar giginya sehat, kuat dan gak ada karies nya.


yeah itu tadi sekilas wawancara saya dengan mereka. alhamdulillah mereka gak malu-malu kayak yang inter 1 hehehe lalu. tibalah saatnya minta foto mereka. tapi karena perpus gelap jadinya foto di luar. dan inilah mereka :

* dari kiri - kanan : dinar, nia, fitri dan citra

Oke selamat buat mereka! semangat terus dan semangat juga buat saya. yeeaah!!!

Maret 13, 2009

- Alternatif Sumber Energi Baru : Briket Ganggang Coklat

Dan inilah ke empat siswi kelas 11 Inter 2 yang menjadi juara 1 Kompetisi Karya Ilmiah Teladan 2009.

*dari kiri-kanan : Windi Anarta Draniswari, Fadilla Noor Rahma, Hindun Khairotun Nadlifah dan Zakiya Aryana Pramestri. dua orang dibelakang cuma penampakan ( peace med. er! )

Penelitian mereka Pemanfaatan Ganggang Coklat (Sargassum Sp.) Mati Sebagai Bahan Briket berhasil memukau tim dewan juri.

Kata mbak angi, salah satu dewan juri : “ penelitian mereka benar-benar aplikatif, tepat guna dan bermanfaat. Apalagi penemuan mereka tentang alternative bahan bakar yang saat ini benar2 dibutuhkan.

Nah karena aku sekelas sama mereka jadinya gampang sekali meliput mereka berempat ( susah ding lha wong mereka sok malu-malu padahal Cuma buat artikel blog ckckck -___-). Nah inilah hasil interview ku sama mereka.

Keterangan : A : aku, B : mereka

A : Gimana nih perasaanya setelah berhasil jadi juara 1 ?

B : alhamdullillah, bersyukur, gak nyangka banget penelitian kita jadi yang terbaik

A : sebenarnya inspirasi kalian menciptakan briket ganggang ini dari mana sih??

B : kan dulu waktu diklat awal awal itu kita diliatin film documenter tentang pangandaran to. Terus di film itu tuh ngeliatin kalok pantai Pangandaran itu kotor, banyak sampahnya. Terus kita tanya mas Yoga, tentor kelas kita, ternyata itu sampah yang ngotorin pantai itu ganggang coklat mati yang kebawa ombak. Terus kita mikir, kira-kira ganggang coklat mati itu bisa dijadiin apa ya??? Terus kita mikir, saat ini kan terjadi krisis energi dunia sedang terjadi, njok kita membuat bahan bakar dari ganggang laut mati itu. Kita tau sendiri kan kalok semua tumbuhan itu bisa dijadiin arang, nah kita punya ide untuk membuat BRIKET dari ganggang coklat mati itu.

A : terus gimana hasilnya?

B : hasilnya kita berhasil membuat Briket dari ganggang coklat mati itu. Bentuk briketnya sendiri silinder, dengan panjang 10 cm diameter 2,5 cm. briket yang kita buat tersebut mampu menyala sekitar kurang lebih 20 menit.


*sampel briket dan bahan-bahan pembuat briket

A : Terus selama penelitian, kendala kendala nya apa aja?

B : yang pertama kita kekurangan waktu dan energy. Namun kendala terbesar kami tu susah mencari metode yang tepat sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama. Selain itu juga keterbatasan alat sehingga kami yang hendak membuat sumber energi alternatif, masih tetap membutuhkan sumber energy lain dalam kapasitas cukup besar. Kecuali kalau kami menggunakan Oven Tenaga Surya, briket yang kami buat tidak akan membutuhkan sumber energi yang besar.

A : terus tindak lanjutnya ? mau diikutin lomba?

B : Insya Allah. Kalau ada kesempatan, akan kami ikutkan lomba. Doakan saja.

A : Harapan?

B : harapan kami, penelitian ini bisa bermanfaat. Terutama, pantai Pangandaran bersih dari sampah ganggang coklat mati. Amin.

Nah itu tadi wawancara panjang saya dengan Zakiya, windi, fadilla dan hindun . Sekali lagi selamat kepada mereka berempat telah mengharumkan nama kelas saya hahahaha. Teruslah berkarya demi menharumkan nama sekolah!!

Teladan!!! JAYAMAHE!!

Suka duka penulis : Perlu diketahui bahwa interview asli tidak sepanjang itu. lha wong pas wawancara aja mereka sok malu-malu, tiap tak kasih pertanyaan njawabnya cuma se semprotan z z z z. jadinya tak panjang2in tanpa menaambah-nambah materi tulisan. :))

Maret 12, 2009

- Kompetisi Karya Ilmiah Teladan 2009

Hari Sabtu ( 7 maret 2009 ) kemarin, anak-anak angkatanku, kelas 11 SMA N 1 Yogyakarta serta kelas 10 akselerasi cukup mengikuti mata pelajaran jam pertama saja. Tepat jam 8, kami diwajibkan untuk datang ke aula sekolah. Ada apa di sana?

Ya, pada hari itulah, Final Kompetisi Karya Ilmiah Teladan dilangsungkan.

*suasana saat masing-masing tim melakukan presentrasi di Aula Katamso ( 7 maret 2009 )

Sudah menjadi tugas wajib bagi siswa kelas 11 SMA N 1 Yogyakarta untuk membuat karya ilmiah. Setelah dibentuk kelompok, masing-masing kelompok memikirkan ide penelitian yang akan dibuat dengan lokasi penelitian yaitu Pantai Pangandaran, Ciamis, Jawa Barat. Kegiatan penelitian sendiri telah dilaksanakan di pantai tersebut dari tanggal 7-10 Januari yang lalu. Pada hari itu, seluruh siswa kelas 11 mulai melakukan penelitian, sesuai dengan ide yang mereka buat.

Hasil dari penelitian tersebut pun diketik dan dijilid menjadi sebuah laporan penelitian. Setelah mengumpulkan laporan tersebut, pada hari Sabtu ( 28 Februari 2009 ) dilangsungkanlah presentasi antar kelompok secara serentak di setiap kelas. Dari masing-masing kelas itu, dipilihlah 1 tim dengan karya ilmiah terbaik yang maju ke babak final mewakili kelas mereka. Dan inilah ke 10 judul penelitian yang terpilih tersebut :

  • 11 IPA 1 : Perbandingan P dan N Total dalam Air di Lingkungan Rumah, Perkebunan dan Persawahan di Pantai Pangandaran
  • 11 IPA 2 : Pemanfaatan Ganggang Laut Pangandaran Sebagai Bahan ALternatif Pembuatan Kertas
  • 11 IPA 3 : Pemanfaatan Daging Buah Keben (Baringtonia Asiatica) Sebagai Alternatif Pembuatan Kertas
  • 11 IPA 4 : Analisis Kelayakan Kondisi Fisik Ikan Bawal Putih Air Laut (Stromateus Cinereus) yang Dijual di Pasar Ikan Pangandaran
  • 11 IPA 5 : Perbedaan Jumlah Karies Gigi Anak yang Sering Mengkonsumsi Ikan Laut dengan Anak yang Jarang Mengkonsumsi Ikan Laut di Pantai Pangandaran
  • 11 IPA 6 : Pemanfaatan Pasir Pantai Pangandaran Sebagai Media Pembuatan Telur Asin
  • 11 INTER 1 : Pemanfaatan Daging Kerang Darah (Anadara Granosa) sebagai Salah Satu Bahan Pembuat Baso Bergizi Tinggi
  • 11 INTER 2 : Pemanfaatan Ganggang Coklat (Sargassum Sp.) Mati Sebagai Bahan Briket
  • 11 IPS : Pemanfaatan Potensi Obyek Wisata Pantai Pangandaran dan Pengembangannya Terhadap Usaha Mikro Masyarakat Pesisir
  • 11 AKSELERASI : Pengaruh Lingkungan Geografis Terhadap Pembagian Peran Anggota Keluarga Masyarakat Pangandaran

Nah, ke 10 tim tersebut pada hari Sabtu kemarin maju ke babak final, dan mempresentasikan penelitian mereka di hadapan seluruh siswa kelas 11, kakak-kakak pembimbing, guru dan dewan juri. Dan yang menjadi dewan juri yaitu :

Drs. Budi Nugroho, Guru Bahasa Indonesia SMA N 1 Yogyakarta

dan Dra. Sudarsih, Guru Bahasa Indonesia SMA N 1 Yogyakarta namun sayang penulis belum berhasil mendapatkan fotonya :))

Masing-masing tim diberi waktu 10 menit untuk presentasi dan 10 menit untuk tanya jawab dengan juri dan siswa. Presentasi tiap tim sendiri dimoderatori oleh perwakilan dari kelas lain. Final berlangsung dengan meriah dan menarik. Setiap kelas dengan antusias mendukung tim dari kelas mereka. Bahkan beberapa wartawan pun turut meliput. Finalnya sendiri berakhir sampai sekitar jam 13.00 WIB dengan hasil sebagai berikut :

Juara 1 : 11 Inter 2

Juara 2 : 11 IPA 5

Juara 3 : 11 IPA 4

Dengan diadakannya kompetisi ini, diharapkan mampu melahirkan peneliti-peneliti muda yang mampu melahirkan penemuan-penemuan baru yang dapat berguna bagi dunia kelak. Amin.

YEEAH! FYI ( baca : for your information ) juara 1 nya dari kelas ku lho hahahahaahahaha :DD *hanjuk??

Selamat deh buat semua pemenang! Nah setelah ini Insya Allah aku akan meliput ketiga pemenang tersebut satu per satu secara lebih mendetail. Tunggu ya!! :):):):)

Ada kesalahan di dalam gadget ini