September 11, 2009

- VISIT INDONESIA August, 17 2010 !


Di Indonesia, di negara kita tercinta ini, hari kemerdekaan 17 agustus biasanya dirayakan dengan acara tirakatan waktu malamnya, sementara paginya upacara bendera. Dan yang paling khas nih, -cuma ada di Indonesia kayaknya- ada lomba lomba unik sebangsa lari kelereng, makan kerupuk, panjat pinang lari karung dan sebangsanya. Ya emang sebenernya gak ada hubungannya blas sama peringatan hari kemerdekaan. Kecuali kalok dulu perang sama penjajahnya pake tanding lari kelereng ato tanding makan kerupuk yang hadiahnya dikasih KEMERDEKAAN baru deh ada hubungannya. Atau dulu pas proklamasi kemerdekaan, pas pengibaran bendera merah putih untuk pertama kalinya, dikibarin di ujung pohon pinang yang dilumuri oli. Hahahaha

Beberapa waktu yang lalu juga, pas kelas sejarah, guruku pernah complain YANG INTINYA, gak setuju kalo hari kemerdekaan diperingati dengan lomba-lomba –yang-kata-bapaknya- gak jelas itu. Tapi emang bener kalok lomba lomba kaya gitu gak ada manfaatnya?

Kalo menurutku sih, sebagai warga muda indonesia yang cerdas –hahaha- , sah sah aja! Kenapa ? soalnya lomba-lomba kayak gini bener-bener asik dan menjunjung tinggi 5 nilai nilai pancasila.

1. Ketuhanan yang Maha Esa

Sebenernya bingung juga mau nyari hubungannya sama sila pertama ini. Apa ya? Hmm ya mungkin hubungannya adalah rasa syukur atas berkah yang telah Tuhan berikan kepada kita. Misal, “Terimakasih Tuhan, karenaMu tahun ini saya masih bisa menyantap kerupuk yang lezat ini” atau “Terimakasih Tuhan, karena sepasang kaki yang telah Kau ciptakan ini saya masih bisa melompat dengan oke”. Yes, acara kaya gini membuat kita ingat bahwa Tuhan itu dekat dengan kita, dan telah memberikan berkah yang sangat melimpah ya kan?? ^^

2. Kemanusiaan yang adil dan beradab

Kalo dibandingin lomba lomba yang lain, lomba-lomba seperti ini justru lomba-lomba sederhana yang bisa dinikmati semua golongan baik golongan A, B, AB atau O ~lhoh??? Semua peserta dipandan sama tak peduli dia kaya atau miskin, pandai atau bodoh, hitam atau putih, semua nya punya kesempatan. Ibu ibu pun kalo ikut panjat pinang juga boleh lho hahaha pasti keren.

3. Persatuan Indonesia

Kalo yang ini sih jelas banget. Misalnya lomba panjat pinang, meskipun bisa aja kita sampai atas tanpa bantuan siapa pun, tapi bakalan lebih mudah kan kalo kerjasama sama orang lain kan? Makanya biasanya buat lomba panjat pinang pesertanya dibagi dalam tim.

Tambahan lagi, jaman sekarang, dimana mainan modern sudah merajalela, dan anak anak lebih mending di rumah maen PS internetan segala macem dan lain-lain, hal ini tentu menyebabkan mereka menjadi makhluk yang asosial, jarang interaksi sama anak-anak lain di luar rumah terutama mereka yang tinggal di perkampungan elite. Nah kalo ada lomba kaya gini, kan jelas bakalan bikin anak anak saling kenal satu sama lain.

4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan

Dalam membuat sebuah event, tentu diperlukan kepanitiaan dan tidak mungkin tidak ada musyawarah dalam setiap kepanitiaan kecuali panitianya cuma satu orang zz. Dengan adanya lomba kaya gini, tentu akan membuat anak muda terutama bisa berlatih bermusyawarah, berlatih menyalurkan pendapat dan berlatih mengambil keputusan!

5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Lomba lomba seperti ini tentunya akan meningkatkan rasa sportivitas dan menjunjung tinggi keadilan. Meskipun mungkin saja terjadi, tapi buat apa nyogok wasit biar menang lomba kelereng???

Intinya, peringatan hari kemerdekaan dengan cara seperti ini menurut saya adalah hal yang OKE dan patut dilestarikan karena ini merupakan aset Negara yang berharga. Bahkan kalo perlu dipatenkan. Jangan sampai di-klaim sama Negara tetangga! Kalau perlu lagi nih, dimasukin ke olimpiade. Bayangkan kalau suatu saat anda menjadi ATLET LARI KELERENG TERBAIK SEDUNIA, atau ATLET MAKAN KERUPUK TERCEPAT SEDUNIA. Pasti keren yakan?

Dan pasti menarik kalo kita mempromosikan kepada wisatawan asing untuk datang ke Indonesia pada tanggal 17 Agustus. Saat itulah kita ajak mereka untuk merasakan feel-nya, asik-nya ikut lomba lomba unik dan HANYA ADA DI INDONESIA ini!! So, let s VISIT INDONESIA ON AUGUST,17 2010!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar